rondonuwu.net
6. Keyakinanku
Nusa Dua Beach, Bali
6. Keyakinanku

PENELAAHAN ALKITAB

Tomas, si peragu yang jujur
Yohanes 20:24-31

Yesus menampakkan diri kepada Tomas
20:24 Tetapi Tomas, seorang dari kedua belas murid itu, yang disebut Didimus, tidak ada bersama-sama mereka, ketika Yesus datang ke situ. 20:25 Maka kata murid-murid yang lain itu kepadanya: "Kami telah melihat Tuhan!" Tetapi Tomas berkata kepada mereka: "Sebelum aku melihat bekas paku pada tangan-Nya dan sebelum aku mencucukkan jariku ke dalam bekas paku itu dan mencucukkan tanganku ke dalam lambung-Nya, sekali-kali aku tidak akan percaya." 20:26 Delapan hari kemudian murid-murid Yesus berada kembali dalam rumah itu dan Tomas bersama-sama dengan mereka. Sementara pintu-pintu terkunci, Yesus datang dan Ia berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: "Damai sejahtera bagi kamu!" 20:27 Kemudian Ia berkata kepada Tomas: "Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku dan jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah." 20:28 Tomas menjawab Dia: "Ya Tuhanku dan Allahku!" 20:29 Kata Yesus kepadanya: "Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya."


Maksudnya Injil ini dicatat
20:30 Memang masih banyak tanda lain yang dibuat Yesus di depan mata murid-murid-Nya, yang tidak tercatat dalam kitab ini, 20:31 tetapi semua yang tercantum di sini telah dicatat, supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah, dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam nama-Nya.

PENEMUAN

Cobalah untuk mendalami Tomas. (Ingat, kisah ini terjadi setelah kebangkitan Yesus). Perhatikanlah 5 kejadian yang dialami Tomas, kemudian rekamlah perasaannya dalam dua sisi; perasaan yang terdalam dan buku hariannya.

Perasaan yang terdalam. Pilihlah nomor yang sesuai dengan pendapatmu, apa yang Tomas rasakan setelah kejadian tersebut. Pilih 1 bila menurutmu ia sangat sedih, seperti ingin bunuh diri, dan 10 bila menurutmu ia sangat senang.

Hari ketika Yesus mati di salib.
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
Di pagi hari ketika para wanita melaporkan bahwa kubur Yesus telah kosong.
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
Hari ketika para murid mengabarkan Tomas bahwa mereka telah melihat Yesus.
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
Ketika Yesus masuk di ruang atas.
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
Ketika Tomas menyentuh Yesus.
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

 

Buku harian. Sekarang bayangkan kamu adalah Tomas. Tuliskan apa yang menurutmu Tomas akan tulis dalam buku hariannya setelah kejadian-kejadian berikut...
“Ketika Yesus mati di salib, saya merasa... “



“Hari ketika para wanita melaporkan bahwa kubur Yesus telah kosong, saya merasa... “


“Hari ketika para murid mengabarkanku bahwa mereka telah melihat Yesus, saya... “


“Ketika saya melihat Yesus masuk ke ruangan atas, saya... “


“Ketika Yesus menawarkan saya untuk menyentuh tangan-Nya, saya... “

 

KISAH HIDUPKU

1. Berikut adalah faktor-faktor yang dapat digunakan untuk mengukur iman kita terhadap Tuhan. Buatlah tanda ‘x’ di antara dua macam perasaan.

Yesus adalah satu-satunya jalan kepada Allah Kamu dapat datang kepada Allah melalui agama-agama lain.
Saya percaya Yesus telah mati dan bangkit. Saya tidak dapat percaya bahwa Yesus hidup kembali dari kematian.
Saya percaya Yesus adalah Anak Allah. Saya percaya Yesus adalah orang yang baik.
Saya percaya Yesus telah mati untuk menebus dosa saya. Saya percaya Yesus telah mati karena Ia membuat pemimpin-pemimpin agama marah.
Saya percaya Allah mempunyai jawaban atas doa-doa saya. Saya ingin percaya bahwa Yesus menjawab doa-doa saya, tapi saya tidak yakin.
Saya percaya Allah mengasihi saya sebagaimana adanya. Allah akan mengasihi saya, selama saya tidak mengganggu orang lain.

2. Keseluruhan ide untuk terbuka dan jujur dalam membicarakan keraguan-keraguan dalam iman menurut saya...

a. Berbahaya dan riskan.
b. Baik.
c. Kurang ajar.
d. Menolong.
e. Merupakan bagian dari pertumbuhan rohani.
f. Betul-betul mendorong saya.
g. Kekanak-kanakan.
h. Lainnya: ____________________

3. Jika saya memperoleh kesempatan untuk menanyakan satu hal kepada Tuhan, saya akan bertanya...

MELANGKAH LEBIH JAUH

Tentang aku... dan keyakinanku

1. Melalui dasar apa Yesus mengharapkan murid-murid-Nya akan yakin terhadap janji hidup kekal, kebangkitan, dan sebagainya?

a. Kehadiran Yesus di kamar atas.
b. Reputasi Yesus yang baik.
c. Perkataan Yesus.
d. Kesanggupan Yesus melakukan mujizat-mujizat.
e. Kenyataan bahwa mereka satu suku.
f. Lainnya: ____________________

2. Melalui dasar apa Yesus mengharapkan kamu untuk mempercayai perkataan-Nya?

a. Saya tidak tahu.
b. Berdasarkan karakter Allah yang saya ketahui.
c. Berdasarkan iman saya kepada Allah.
d. Berdasarkan perkataan orangtua saya.
e. Berdasarkan kuasa dan mujizat-Nya.
f. Lainnya: ____________________

3. Percayakah kamu pada perkataan Yesus?

a. Saya tidak tahu.
b. Ya, tidak ada masalah.
c. Kamu becanda?
d. Saya kira begitu.
e. Maunya sih begitu...
f. Lainnya: ____________________

Mengapa kamu merasa seperti itu?

 

 

Penulis kitab Ibrani memberikan beberapa pertolongan dalam menempuh perjalanan iman, pertumbuhan di dalam Kristus. Prinsipnya adalah, pengikut Kristus harus hidup dalam iman. Sejarah rohani dunia adalah sejarah kemenangan orang-orang beriman. Penulis kitab Ibrani merekam pertumbuhan iman dan ketaatan beberapa pahlawan iman.

Bacalah Ibrani 11:1-16. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut...

11:1 Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat. 11:2 Sebab oleh imanlah telah diberikan kesaksian kepada nenek moyang kita. 11:3 Karena iman kita mengerti, bahwa alam semesta telah dijadikan oleh firman Allah, sehingga apa yang kita lihat telah terjadi dari apa yang tidak dapat kita lihat. 11:4 Karena iman Habel telah mempersembahkan kepada Allah korban yang lebih baik dari pada korban Kain. Dengan jalan itu ia memperoleh kesaksian kepadanya, bahwa ia benar, karena Allah berkenan akan persembahannya itu dan karena iman ia masih berbicara, sesudah ia mati. 11:5 Karena iman Henokh terangkat, supaya ia tidak mengalami kematian, dan ia tidak ditemukan, karena Allah telah mengangkatnya. Sebab sebelum ia terangkat, ia memperoleh kesaksian, bahwa ia berkenan kepada Allah. 11:6 Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barangsiapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia. 11:7 Karena iman, maka Nuh--dengan petunjuk Allah tentang sesuatu yang belum kelihatan--dengan taat mempersiapkan bahtera untuk menyelamatkan keluarganya; dan karena iman itu ia menghukum dunia, dan ia ditentukan untuk menerima kebenaran, sesuai dengan imannya. 11:8 Karena iman Abraham taat, ketika ia dipanggil untuk berangkat ke negeri yang akan diterimanya menjadi milik pusakanya, lalu ia berangkat dengan tidak mengetahui tempat yang ia tujui. 11:9 Karena iman ia diam di tanah yang dijanjikan itu seolah-olah di suatu tanah asing dan di situ ia tinggal di kemah dengan Ishak dan Yakub, yang turut menjadi ahli waris janji yang satu itu. 11:10 Sebab ia menanti-nantikan kota yang mempunyai dasar, yang direncanakan dan dibangun oleh Allah. 11:11 Karena iman ia juga dan Sara beroleh kekuatan untuk menurunkan anak cucu, walaupun usianya sudah lewat, karena ia menganggap Dia, yang memberikan janji itu setia. 11:12 Itulah sebabnya, maka dari satu orang, malahan orang yang telah mati pucuk, terpancar keturunan besar, seperti bintang di langit dan seperti pasir di tepi laut, yang tidak terhitung banyaknya. 11:13 Dalam iman mereka semua ini telah mati sebagai orang-orang yang tidak memperoleh apa yang dijanjikan itu, tetapi yang hanya dari jauh melihatnya dan melambai-lambai kepadanya dan yang mengakui, bahwa mereka adalah orang asing dan pendatang di bumi ini. 11:14 Sebab mereka yang berkata demikian menyatakan, bahwa mereka dengan rindu mencari suatu tanah air. 11:15 Dan kalau sekiranya dalam hal itu mereka ingat akan tanah asal, yang telah mereka tinggalkan, maka mereka cukup mempunyai kesempatan untuk pulang ke situ. 11:16 Tetapi sekarang mereka merindukan tanah air yang lebih baik yaitu satu tanah air sorgawi. Sebab itu Allah tidak malu disebut Allah mereka, karena Ia telah mempersiapkan sebuah kota bagi mereka.

1. Apakah iman itu (dalam perkataanmu sendiri)?

2. Apakah kesamaan yang dimiliki Nuh (11:7), Abraham (11:8-11) dan Musa (11:24-25)?

3. Apa tanggapanmu menyadari kesamaan iman itu?

4. Mengapa mereka rela mengorbankan apa yang mereka punya?

5. Apa pengharapan mereka sehingga mereka beriman seperti itu?

 

Bacalah Ibrani 12:1-3. Bayangkanlah sebuah stadion atletik lengkap dengan penontonnya. Pahlwan-pahlawan iman tadi berada di antara penonton.

12:1 Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita. 12:2 Marilah kita melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus, yang memimpin kita dalam iman, dan yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan, yang dengan mengabaikan kehinaan tekun memikul salib ganti sukacita yang disediakan bagi Dia, yang sekarang duduk di sebelah kanan takhta Allah. 12:3 Ingatlah selalu akan Dia, yang tekun menanggung bantahan yang sehebat itu terhadap diri-Nya dari pihak orang-orang berdosa, supaya jangan kamu menjadi lemah dan putus asa.

1. Bagaimana persiapan yang diperlukan bagi pengikut Kristus dalam perlombaan iman menuju kedewasaan?

2. Bagaiaman seorang atlet mempersiapkan dirinya untuk berlomba?

3. Bagaiaman persiapan mental yang dilakukan oleh seorang atlet?

4. Apa yang menghalangi seorang pelari saat perlombaan?

 

APLIKASI PRIBADI

1. Daftarkan 2 hal yang sekarang ini menghalangi kamu dalam imanmu! Spesifik!

 

2. Apakah langkah-langkah sederhana yang dapat kamu lakukan minggu ini untuk mempersiapkan diri secara mental dan spiritual dalam pertandingan iman?
(Contoh: Berusaha keras mamatuhi perintah Allah setiap hari, memintanya untuk mengubah sikap kamu, bersama-sama orang Kristen lain berusaha untuk mengenal Allah lebih jauh, dan sebagainya.)

 

H1 Header 1

H2 Header 2

H3 Header 3

H4 Header 4

Border Color
Body only